Home | Jurnal Makassar | Peringati HPSN 2017, Pemkot Makassar Gelar Aksi Bersih di CPI

Peringati HPSN 2017, Pemkot Makassar Gelar Aksi Bersih di CPI

By
Font size: Decrease font Enlarge font
Peringati HPSN 2017, Pemkot Makassar Gelar Aksi Bersih di CPI

Pemerintah Kota Makassar memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2017 dengan menggelar aksi bersih pantai di kawasan Center Point of Indonesia, Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar Kamis (16/02). Kegiatan bertajuk Bersihkan Laut dari Sampah dipimpin langsung Wali Kota Makassar Danny Pomanto.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Makassar Agus Jaya ari mengatakan dalam kegiatan yang diikuti sekitar 5 ribu peserta ini terkumpul sekitar lima ton sampah plastik. Aksi pembersihan pantai digelar untuk mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dari sampah.

Sementara Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengungkapkan bahaya limbah plastik. Membuang sampah ke laut, terutama plastik, bisa berdampak buruk terhadap kestabilan lingkungan juga kesehatan manusia.

Danny juga memaparkan saat ini pemkot memiliki empat unit perahu pemungut sampah dengan nama Pattasaki singkatan dari Perahu Angkutan Sampah Kita. Perahu tersebut disiagakan di sekitar Pantai Losari untuk menjaga kebersihan ikon Makassar tersebut tetap terjaga.

Lebih jauh Walikota Makassar Danny Pomanto menjelaskan Pattasaki merupakan hasil modifikasi perahu tradisional yang menggunakan motor tempel. Desainnya berupa 2 buah perahu sepanjang tujuh meter yang ditautkan dimana pada bagian tengahnya terdapat jaring dan bak penampung sampah.

Danny mengklaim dalam satu hari, angkutan sampat tersebut mampu mengangkut beberapa ton sampah di laut. Muh.Said

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Radio

Get the Flash Player to hear this stream.

Rate this article

0