Home | Jurnal Makassar | Menko Luhut Minta Proyek MNP di Makassar Digenjot

Menko Luhut Minta Proyek MNP di Makassar Digenjot

By
Font size: Decrease font Enlarge font
Menko Luhut Minta Proyek MNP di Makassar Digenjot

Proyek pembangunan Makassar New Port (MNP) yang sudah dimulai sejak 2015 lalu berjalan dengan lambat. Berdasarkan data terakhir yang diterima SmartFM, progres pembangunan dermaga di tengah laut itu masih dibawah angka 50 persen.

Menaggapi hal itu Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pihaknya segera mencari tahu apa yang menjadi kendala pengerjaan mega proyek tersebut untuk kemudian dicarikan solusinya. Dia menyarankan kepada operator pelabuhan milik pemerintah yakni Pelindo untuk membuka diri dengan pihak swasta.

Lebih jauh Luhut mengaku saat ini aktifitas bongkar laut di pelabuhan Makassar berkisar di angkat 600 ribu teus. Dengan dioperasikannya pelabuhan Makassar New Port yang ditargetkan 2018 mendatang, aktifitas bongkat muat di Makassar diharapkan mencapai 3 juta teus.

Sementara Direktur Fasilitas dan peralatan PT Pelindo Empat Susantono yang dikonfirmasi terpisah membenarkan progres proyek itu hingga akhir tahun 2016 lalu masih dibawah 30 persen. Dari total alokasi anggaran MNP sebesar 1,8 triliun rupiah, pengerjaan Paket A menyerap anggaran sebesar 326 miliar dengan pengerjaan proyek yakni dermaga sepanjang 320 meter, reklamasi seluas kurang lebih 3 hektare dan akses jalan sepanjang kurang lebih 100 meter. Muh.Said

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Radio

Get the Flash Player to hear this stream.

Rate this article

0