Home | Jurnal Makassar | 491 Pengembang Perumahan di Makassar Belum Serahkan Fasum-Fasos

491 Pengembang Perumahan di Makassar Belum Serahkan Fasum-Fasos

By
Font size: Decrease font Enlarge font

Sebanyak 491 pengembang perumahaan di Makassar belum menyerahkan Fasilitas Umum (Fasum) dan Fasilitas Sosial (Fasos) ke Pemerintah Kota Makassar. Berdasarkan data Dinas Penataan Ruang Makassar, fasum fasos tersebut berupa sarana jalan, drainase, penerangan lampu jalan, Ruang Terbuka Hijau (RTH), rumah ibadah, tanah lapang, hingga taman bunga.

Menaggapi hal itu, Walikota Makassar Danny Pomanto mengatakan telah melakukan berbagai langkah termasuk memanggil para pengembang perumahan untuk menyerahkan fasum fasos itu. Pihaknya juga telah mengistruksikan pejabat teknis di lingkup pemkot, terutama di tingkat kecamatan dan kelurahan untuk aktif dan gencar mendata fasum fasos yang ada di wilayahnya masing-masing. Khususnya yang belum diserahkan ke pemkot atau masih dikuasai pihak lain.

Danny juga meminta kepada seluruh aparat pemerintah tingkat kecamatan dan kelurahan untuk segera melayangkan surat penyerahan fasum dan fasos ke pihak yang masih menguasai. Saat surat sudah dilayangkan sebanyak tiga kali dan tidak mendapat tanggapan, Pemerintah kota menyatakan tidak segan mengambil sikap tegas dengan mengambilnya secara paksa dengan melibatkan aparat penegak hukum.

Secara terpisah, Wakil Ketua Pansus Pencari Fasum Fasos DPRD Makassar Basdir mengatakan saat ini pihaknya terus melakukan pemanggilan terhadap puluhan pengusaha, dan sejauh ini belum ada yang menghadiri pemanggilan.

Legislator Fraksi Demokrat ini mengaku telah bersepakat dengan walikota untuk bertindak tegas terhadap para pengembang, baik terkait aset yang dikuasai pihak ketiga maupun yang diserobot.

Hingga saat ini pemkot makassar terus melakukan pendataan terhadap pengembang yang menyerahkan fasum fasos. Dari pendataan sejak tahun 2006 hingga 2014 lalu, sekitar 300 kawasan perumahan yang ada di kota Makassar dan yang menyerahkan fasum fasosnya baru 18 pengembang. Muh.Said

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Radio

Get the Flash Player to hear this stream.

Rate this article

0