Home | Jurnal Makassar | Peringati Mayday, Buruh di Makassar Tutup Paksa Mini Market dan Pusat Perbelanjaan

Peringati Mayday, Buruh di Makassar Tutup Paksa Mini Market dan Pusat Perbelanjaan

By
Font size: Decrease font Enlarge font
Peringati Mayday, Buruh di Makassar Tutup Paksa Mini Market dan Pusat Perbelanjaan

Para buruh di Makassar yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Sulawesi Selatan melakukan aksi sweeping ke perusahaan yang masih beroperasi dan mempekerjakan pekerja atau buruh pada hari peringatan hari buruh Intenasional (May Day). Saat aksi konvoi, mereka menutup secara paksa puluhan minimarket dan pusat perbelanjaan modern di jalan Boulevard Makassar karena tetap beroperasi saat hari libur nasional.

Berdasarkan pantauan SmartRadio di lapangan, sempat terjadi ketegangan saat ratusan buruh menggelar aksi di pelataran Mall Panakukang Makassar. Pasalnya pihak pengelola enggan menemui demonstran. Mereka pun terlibat adu mulut dengan petugas keamanan Mall dan Personil Kepolisian yang siaga di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Makassar tersebut. 

Para demonstran langsung berinisiatif menyegel pintu masuk, sehingga para pengunjung tidak bisa masuk melalui pintu utama.

Ketua DPD KSPSI Sulsel Basri Abbas saat memimpin pergerakan Buruh di Mall Panakukang Makassar Senin (1/5) mengatakan, penutupan ini sebagai simbol mengingat momentum perjuangan hari buruh. Ratusan buruh ini akhirnya membubarkan diri saat pengelola pusat perbelanjaan bersedia menutup mall sementara waktu.

Para buruh menyampaikan beberapa tuntutan saat melakukan aksi unjuk rasa memperingati Hari Buruh atau May Day di beberapa titik di Makassar. Diantaranya menolak tenaga kerja asing ilegal yang dinilai akan berdampak pada berkurangnya peluang bagi pekerja. Selain itu penolakan terhadap sistem kerja out sourcing, PHK sepihak, penghapusan sistem kerja kontrak yang melanggar undang-undang nomor 13 Tahun 2013, diskriminasi pekerja dan beberapa tuntutan lainnya. Muh.Said

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Radio

Get the Flash Player to hear this stream.

Rate this article

0