Home | Jurnal Makassar | Penuhi Listrik di Kepulauan, Pemkot Mks Jajaki Kerjasama dgn Perusahaan asal New Zealand

Penuhi Listrik di Kepulauan, Pemkot Mks Jajaki Kerjasama dgn Perusahaan asal New Zealand

By
Font size: Decrease font Enlarge font
Penuhi Listrik di Kepulauan, Pemkot Mks Jajaki Kerjasama dgn Perusahaan asal New Zealand

Pembangkit Listrik Tenaga Surya bakal dibangun di sejumlah pulau yang ada di Makassar. Hal ini merupakan tindak lanjut kerjasama Perusahaan asal New Zealand (Power Technology Asean Ltd) bersama Pemerintah kota Makassar.

Director Power Technology ASEAN Ltd, Ray Littin menemui langsung Wali Kota Makassar Danny Pomanto di Balaikota Selasa (2/5). Dia berpendapat Makassar memiliki potensi energi solar yang melimpah dengan iklim tropisnya.Pihaknya tertarik bekerjasama karena pemerintah kota setempat bersikap terbuka dan ramah terhadap teknologi baru dan terbarukan.

Ray Littin mengaku pertama kalinya bagi perusahaan menjajaki peluang kerja sama dengan pemerintah, dan Makassar menjadi kota pertama yang disasarnya.Sebelumnya, teknologi panel surya yang dihasilkannya dimanfaatkan oleh pihak swasta.

Solar panel yang dikembangkan Power Technology ASEAN Ltd memiliki keunggulan dibandingkan produk serupa. Usianya lebih panjang bisa 20 hingga 30 tahun, ramah lingkungan, energi yang lebih stabil dan bisa digabungkan dengan mesin diesel. Produk ini telah dimanfaatkan oleh beberapa kota di dunia termasuk kota di Indonesia. Muh.Said

Sementara Walikota Makassar Danny Pomanto berharap penjajakan kerja sama tersebut dapat memenuhi pasokan listrik di pulau Makassar secara optimal.Nantinya genset sifatnya back up dan digantikan dengan solar panel dan warga bisa belajar memeliharanya. 

Danny mengatakan teknologi solar energi itu akan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik di daerah kepulauan. Muh.Said

Subscribe to comments feed Comments (0 posted)

total: | displaying:

You have to be logged in to post comments

  • Bold
  • Italic
  • Underline
  • Quote

Please enter the code you see in the image:

Captcha

Radio

Get the Flash Player to hear this stream.

Rate this article

0